Penampilan Al Farhan di Kertosono

Maulaya sholli ‘ala habiibikal Mushthofa # Sallim yaa Robbi ‘ala Nabiyyikal mujtaba....


Lantunan sholawat nabi terdengar merdu dilantunkan oleh Abdurrahman Hidayatullah, vokalis Al Farhan. Membuat hadirin dan setiap orang yang mendengar khusyuk mengingat Nabi kita tercinta, Rasulullah Muhammad SAW. Sya’ir yang berjudul “Madaaihuna” ini memang berupa pujian pujian kepada Rasulallah dan para Khulafa’ur Rasyidin. Membuat suasana pembukaan pengajian umum dalam rangka Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1434 H ini semakin syahdu.

Pengajian yang digelar di halaman Masjid Al Falah, Pelem, Kertosono ini dihadiri oleh para Kiai, Masyayikh, dan masyarakat umum dari daerah Kertosono dan sekitarnya. Setelah pembacaan sya’ir sya’ir Islami, acara dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an. Acara dilanjutkan dengan pembacaan Sholawat Nabi/Serakalan oleh grup sholawat Al Farhan, setelah itu pengajian dimulai dengan penuh khidmat.
Pembicara dalam pengajian ba’da Isya ini antara lain adalah Dr. K.H. A. Hasyim Muzadi, ketua umum PBNU periode 1999-2010, dan Prof. Dr. K.H. Ali Maschan Musa, M.Si, Pengasuh Pon. Pes. Luhur Al Husna, Wonocolo, Surabaya. Insya Allah, dengan terus mengikuti pengajian seperti ini akan menambah kecintaan kita kepada Allah dan kekasih-Nya.

Al Farhan sendiri merupakan salah satu grup sholawat Al Banjari dari Asrama Sunan Ampel Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif. Sebenarnya, grup yang sudah sering memeriahkan acara acara di Pondok Pesantren Denanyar personilnya masih cukup muda, yaitu kelas 2 Aliyah (setingkat SMA). Malam hari itu sebenarnya adalah waktu belajar mereka, karena pada keesokan harinya mereka menghadapi ujian kenaikan kelas. Tetapi demi meriahnya acara yang mengingat Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW, mereka rela mengorbankan sebagian waktu belajarnya. “Demi memeriahkan syi’ar Islam, kami rela mengorbankan waktu belajar”, ujar Muslim Aswaja, penerbang inti Al Farhan penuh semangat.

Selain Abdurrahman dan Muslim, personil Al Farhan lainnya dalam acara malam itu adalah Nauval Muhammad, Alfian Dilaga (vokal), Zainul Mujib, A’dhomussjuhur (backing vokal), Yusuf Effendi (penerbang inti), Nashir Syafruddin, Syuchron Setia (penerbang golong), dan Isfanur Rochman (bass). Al Farhan sudah sering mendapat juara antar Pondok se-Denanyar.

Artikel Lainnya