MP3 Pengajian K.H. Ahmad Wazir Ali, Lc.: Download Syarh Ibnu 'Aqil

 Bismillah. Alhamdulillah.
Pada zaman ini banyak orang yang mengaku alim. Padahal kemampuan ilmu mereka sangat tidak mumpuni, malah terkadang membahayakan salah pemahaman. Keadaan semacam ini diperparah oleh kemampuan masyarakat umum dalam berbahasa Arab yang kurang. Tentu ini buruk, karena hampir semua sumber hukum Islam berbahasa Arab. Hasilnya, banyak orang yang dibodohi oknum yang mengaku alim tadi.

Hukum Mempelajari Bahasa Arab

Sudah sepantasnya orang Islam mempelajari bahasa Arab, supaya kita dapat membaca dan memahami sumber agama Islam. Perlu Anda ketahui – jika Anda belum tahu – bahwa hukum mempelajari bahasa Arab bagi orang Islam adalah fardhu kifayah. Jika dalam satu desa tidak ada satu orang pun yang mempelajarinya, maka berdosalah satu desa tersebut. Kita juga jangan sampai ditipu oleh orang yang alim dari tampilannya saja.
Beruntunglah jika dalam suatu desa sudah ada yang belajar bahasa Arab, karena dia telah menggugurkan kewajiban para tetangganya. Lebih beruntung lagi jika satu kampung itu memilki beberapa orang yang pandai berbahasa Arab, serta mengetahui kaidah-kaidahnya. Sudahkah di desa Anda, setidaknya satu orang, yang sudah belajar bahasa Arab? Jika belum, mulailah dari diri Anda. Jika sudah ada, tentu lebih baik jika Anda juga mempelajarinya. Anda bisa saling berbagi pengetahuan dengan menggunakan dasar bahasa Arab.

Nahwu

Salah satu cabang yang harus dipelajari dalam bahasa Arab adalah nahwu. Ilmu ini menjelaskan tentang tata bahasa dalam bahasa Arab. Salah satu kitab yang sangat populer di pesantren – termasuk Asrama Sunan Ampel, Pon. Pes. Mamba'ul Ma'arif Denanyar Jombang – adalah Syarh Ibn 'Aqiil karangan Syekh Jamaaluddiin As Suyuthi. Kitab ini merupakan penjabaran dari kitab Alfiyah Ibn Maalik karya Syekh Jamaaluddiin Muhammad bin 'Abdillah bin Maalik Al Andalusi. Kajian kitab ini termasuk populer karena gaya bahasanya yang mudah dipahami. Sebab kemasyhurannya, kitab ini mudah ditemui di toko-toko kitab kuning.
Seiring berkembangnya zaman, kajian kitab kuning kini sudah direkam menjadi berbagai macam format, misalnya video dan mp3. Mengingat perlunya masyarakat luas mempelajari bahasa Arab, Asrama Sunan Ampel Pon. Pes. Mamba'ul Ma'arif Denanyar Jombang menyediakan mp3 pengajian Ibnu 'Aqiil ini.
Penjelasan yang gamblang oleh K.H. Ahmad Wazir Ali, Lc. (Pengasuh Asrama Sunan Ampel Putri Pon. Pes. Mamba'ul Ma'arif Denanyar Jombang) dalam mp3 pengajian ini tentu memudahkan Anda dalam belajar bahasa Arab. Cukup memasukannya ke handphone atau mp3 player portable, Anda bisa belajar bahasa Arab di mana saja. Ketika terjebak macet, sebelum tidur, jalan-jalan, dan banyak waktu lain bisa Anda gunakan untuk menambah ilmu. Jadikan setiap detik Anda menghasilkan pahala dengan mencari ilmu.

Ingin Tambahan Pahala?

Jika Anda merasa mp3 tersebut bermanfaat, berbagilah dengan rekan Anda. Jika mengajak orang lain berbuat kebaikan dan mereka mau mengikuti, tentu Anda akan mendapat pahala juga. Hitung-hitung sebagai tambahan jariyah kita di jalan Allah SWT. Cara berbagi tentu banyak. Misalnya dengan membagikan mp3 tersebut kepada siapa saja yang membutuhkan, berbagi link di Facebook, Twitter, Google Plus, dan sosial media lainnya. Kami sangat berterimakasih atas partisipasi Anda dalam berjuang di jalan Allah SWT, dan semoga amal Anda dihitung sebagai kebaikan oleh-Nya.

Link Download Pengajian Kitab Kuning – Syarh Ibn 'Aqiil

Al Kalaam Wa Maa Yata Allafu Minhu
Al Mu'rob Wal Mabni
An Nakiroh Wal Ma'rifah
Al 'Alam
Ismul Isyaaroh
Al Maushuul
 
Al Mu'rof Bi Adaatit Ta'riif

Wallahu a'lam bish showab.

Artikel Lainnya