Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kala Terdengar Suara - suara Lantang di Atas Kubah

Gambar: islamlaws
Sepertinya, kalian sudah tahu perihal apa yang selalu mengganjal di hatiku. Yaah, tentang gesekan sandal karet yang melangkahkan kakinya menuju tempat beribadah. Kelihatannya, sekarang menjadi asing ketika testimoni-testimoni liar tak bertanggung jawab mengonani otak kita. Seakan hal tersebut tak lagi menjadi budaya.

Apa kalian tidak pernah tahu, tangis orang yang sudah dikebumikan itu masih lantang terdengar sampai ke bumi. Sosok yang dulu dijunjung tinggi, sekarang tak pernah dipanjat dalam sebuah perenungan. Biadab..! itu yang harusnya aku luapkan kepada kalian yang hanya bisa menikmati tawa, sementara sekian orang lainnya berjuang demi hal yang diduga bermanfaat.

Bisa-bisanya kalian datang ketika orasi lantang menyuarakan uang dan masa depan, bisa-bisanya kalian cuma datang ketika ada panggilan undangan yang ada jadwal makan. Lalu, apa bedanya kalian dengan orang tak berakal..? apa bedanya kalian dengan binatang?. Terpanggil hanya di waktu makan dan tertidur ketika terpuaskan.

Sahabat, kita itu ibarat pondasi yang bukan di rumah kita berpijak. Tapi di kahyangan nirvana kelak kita bersandar. Seumpama kamu hanya mendengar dan tidak mau berangkat ketika mendengar suara itu, lalu siapa yang bakal mendengarmu ketika suara lain mengumandangkanmu dikebumikan?. Usah kau tanya masalah gaji dari yang Esa, semua sudah tertata rapi dalam catatan buku suci atas kuasa-Nya.

Tugas kita bersama cuma satu, mendengar suara-suara lantang di atas kubah, mendendangkan syair-syair cinta semesta yang menuju kepada-Nya, serta tak terpengaruh semua makhluk yang menyekutukan-Nya.

Kelak, pada suatu hari yang sudah ditulis di dalam kitab-Nya, kita akan bertemu dalam ruang abadi nan suci memeluk mahligai, dan menjadi manusia bersih sepanjang hayat. Kalau kau mampu memeluk dan melakukannya mulai sekarang, tabir kubah itu masih sangat luas untuk kau tangisi dengan firman-firman. Suara - suara itu akan terulang berkali-kali untuk kau datangi dengan senang. Lakukan sekarang, atau kau akan dilalaikan..! ( Lh/asadenanyar )

Jombang, 8 April 2017