Puasa gak ada manfaatnya?



Menyambut Ramadhan


Kenapa puasa ramadhan diwajibkan?
Karena Allah sayang kamu

Kok bisa?
Ya karena kamu sudah disuruh puasa sunah, sudah dijanjikan pahala, juga masih ogah, makanya diwajibkan biar kamu terpaksa masuk surga. Allah paksa kamu masuk surga, kurang sayang bagaimana coba.

Memang apa untungnya bagi Allah perintahkan hambaNya puasa? Kenapa gak langsung dimasukkan surga saja tanpa puasa?
Gak ada untungnya bagi Allah.

Kok bisa?
Ya karena kamu yang lapar kamu yang haus trus apa untungnya bagi Allah. Gak ada. Kamu kenyang atau kamu lapar Allah tetep Allah yang Maha Kaya Maha Kuasa.

Trus manfaatnya bagi kita apa kok Allah perintahkan puasa?
Biar kamu lapar dan haus.

Loh gunanya apa lapar dan haus?
Biar kamu bisa taqwa,
يا ايها الذين آمنوا كتب عليكم الصيام كما كتب على الذين من قبلكم لعلكم تتقون (البقرة ١٨٣)
Karena sumber segala kebahagian dan keberuntungan adalah taqwa sedangkan sumber segala bencana, musibah, kesulitan hidup, kegalauan, dan penderitaan di dunia, maupun penderitaan di akhirat adalah maksiyat.

Memangnya lapar bisa bikin taqwa dan bisa menjauhkan maksiyat?
Bisa, karena sumber maksiyat adalah (1) syahwat dan (2) setan. Syahwat itu tempatnya di perut dan di bawah perut (farji/kelamin) sedangkan setan tempatnya di aliran darah. Syahwat dan setan hanya bisa dikendalikan dengan lapar dan haus.

Saya kurang faham, tolong diperjelas!
Segala kesulitan hidup bersumber dari maksiyat. Segala maksiyat dan kejahatan itu awalnya didorong oleh syahwat. Syahwat adalah alat setan menguasai manusia. Syahwat ada di perut dan di bawah berut. Orang nyuri orang korupsi orang nipu itu semua karena pengin dapet uang untuk memenuhi kepuasan perut dan bawah perut. Orang pacaran, zina,  chatingin anak orang, dll,  itu semua karena kepuasan bawah perut. Untuk memenuhi itu semua butuh duit dan untuk mendapat duit secara instan muncullah berbagai kejahatan.
.
Jadi satu satunya cara harus lapar dan haus?
Iya, puasa itu cuma latihan, latihan lapar, intinya harus sering lapar biar syahwat terkendali. Percuma siang puasa kalo malam kekenyangan, percuma Senin Kamis puasa kalo Selasa Rabu Jumat Sabtu Ahad gak pernah lapar. JADI harus lapar setiap hari.
.
Yang bener kamu jangan jangan cuma akal akalan. Ada dalilnya gak?
Nanti saya kasih hadits kamu gak bisa baca, gak tahu artinya, tapi bisa bilang dhoif, karena gak ada disahihkan gurumu.

ان الشيطان ليجري ﻣﻦ اﺑﻦ ﺁﺩﻡ ﻣﺠﺮﻯ اﻟﺪﻡ ﻓﻀﻴﻘﻮا ﻣﺠﺎﺭﻳﻪ ﺑﺎﻟﺠﻮﻉ (متفق عليه)
Setan itu menyusup dalam diri manusia melalui aliran darah, maka sempitkanlah jalan setan dengan lapar. Itu hadist muttafaq alaih.
.
Setan menguasai manusia melaui syahwat. Syahwat bisa diturunkan tensinya dengan lapar. Setan pun kesulitan bergerak dalam tubuh orang yg lapar.
.
Wah saya hobinya makan harus dikurangi nih?
Tidak hanya dikurangi tapi harus diatur dengan porsi yang pas, harus sering lapar, gak boleh kekenyangan. Nih bahaya orang yang sering kenyang jarang lapar, disebut oleh Alghazali (Ihya, vol 3, hlm. 81) :
.
1. Hatinya keruh, galau, sulit berfikir, tidak cerdas, membutakan hati.
.
2. Sulit menikmati dzikir, dzikir hanya terucap di lisan tak bisa masuk ke hati karena hatinya keras.
.
3. Kurang empati terhadap orang faqir miskin karena menganggap semua orang selalu kenyang seperti dirinya.
.
4. Sulit mengingat adzab, diberi ancaman neraka kurang takut karena jarang merasakan sakitnya orang kelaparan. Di neraka itu gak ada makan minum kecuali kotoran kotoran mendidih yg tidak mengenyangkan.
.
5. Syahwat sulit dikendalikan. Orang yg banyak makan, matanya jelalatan,  mendekati zina. Kalaupun bisa menghindari zina yg nyata, tidak akan mampu menghindari zina mata.

Artikel Lainnya