Menyambung Kembali Tremas-Denanyar




Denanyar : Untuk menjaga dan melestarikan tradisi para ulama’ terdahulu agar saling mengenal antara satu pesantren dengan lainya maka Sebanyak 70 Mahasantri Ma’had Aly Al Tarmasi Perguruan Islam Pondok Tremas senin pagi (8/04) melakukan silaturrahmi di Pondok Pesantren Manba’ul Ma’arif Denanyar Jombang.

Mahasantri Ma’had Aly yang mengendarai satu Bus tiba di komplek Pesantren pukul 08.00 WIB, Rombongan diterima dengan penuh hangat oleh pengasuh Pesantren KH.Imam Haromain dan Gus Salam.
Kedatangan mahasntri Di pesantren yang didirikan oleh salah satu Pendiri NU, KH.Bisri syamsuri ini seakan menyambung kembali tali atau hubungan antar para ulama’ seperti KH.Bisri Syamsuri yang tak lain adalah murid dari Syaikh Mahfud Attarmasi ketika menimba ilmu di makkah Al Mukarromah.

Tidak mengherankan bila keluarga pengasuh Pesantren denanyar begitu hangat menyambut menyambut kedatangan rombongan. disela-sela acara silaturrahmi KH.Imam Haromain dan Gus Salam banyak menceritakan tentang hubungan para ulama’ yang sudah terjalin sejak puluhan tahun lalu hingga saat ini.
Selain itu, KH.Imam Haromain yang telah pensiun sebagai kepala Kankemenag Prov.Jateng juga memberikan pencerahan serta pesan-pesan kepada para mahasantri untuk lebih bersungguh-sungguh dalam bertafaqquh fiddin.

Acara silaturrahmi diakhiri dengan melakukan ziarah ke makam KH.Bisri Syamsuri & Masayayikh yang lain yang berada di belakang masjid Pesantren Denanyar jombang.
selain silaturrahmi di di pesantren Denanyar, mahasntri juga melakukan silaturrahmi di Pesantren Bahrul Ulum tambakberas dan pesantren tebuireng.

Written by : Fhaiz

Artikel Lainnya