Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tipe Orang Ini Menjadi Calon Penghuni Surga Firdaus

Sungguh luar biasa keutamaan yang diberikan oleh Allah SWT kepada orang-orang mukmin. Yakni diberikan hadiah spesial di sisi-Nya berupa surga firdaus. Yang mana mereka merupakan hamba Allah yang senantiasa menjunjung tinggi akan semua perintah-perintah yang diamanatkan kepada mereka di dunia. Sehingga tidak salah bila mereka diganjar dengan pahala yang begitu besar, hingga diletakkan pada posisi mulia di akhirat kelak.
Gambar: shootalita.wordpress.com
Tipe orang mukmin yang selalu meyakini serta mentaati perintah-perintah Allah SWT ini memang memiliki tanda-tanda yang bisa terlihat oleh kasat mata. Sehingga dengan adanya tanda-tanda tersebut, Allah SWT menjadikan hamba-Nya untuk menjadi salah satu golongan orang mukmin yang dimuliakan-Nya. Seperti apa yang telah dijanjikan Allah dalam kitab suci Al-Quran, surat Al-Mukminun ayat 1 sampai 11.

Dengan adanya hal tersebut, kita sebagai umat beragama tidak terputus dari yang namanya berlomba-lomba untuk meningkatkan iman dan ketakwaan kita kepada-Nya. Nah, Inilah 6 tipe orang yang akan menjadi calon penghuni surga firdaus.

1. Orang Yang Khusyuk Dalam Menjalankan Ibadahnya
Dalam mengerjakan sholat yang disertai dengan penuh keikhlasan dan khusyuk, maka hal demikian memang menjadi pertanda orang yang mukmin. Sehingga dari situ mereka termasuk golongan orang-orang yang beruntung, dan patut menjadi pewaris surga Firdaus di akhirat kelak.

Q.S Al-Mukminum ayat  1-2 menjelaskan :
“ Sungguh beruntung orang-orang yang beriman, (yaitu) orang yang khusyuk dalam shalatnya ”.

2. Orang Yang Selalu Menjaga Ucapannya
Bagi orang-orang yang menjaga diri dari  perkataan buruk yang menjadikannya lupa kepada Allah SWT, Maka hal tersebut memang menjadi salah satu pertanda bahwa mereka termasuk golongan orang-orang mukmin. Dan Allah akan menjadikan mereka termasuk golongan orang yang beruntung, dan dimuliakan di dunia maupun di akhirat. Terlebih lagi menjadi salah satu pewaris surga Firdaus. Subhanallah..!

Hal demikian memang sesuai dengan firman Allah SWT, yang telah termaktub dalam Q.S Al Mu’minun ayat 3 yakni : “ Dan orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tidak berguna ‘’.

3. Rajin Membayar Zakat
Selalu menunaikan kewajiban zakat, terutama zakat Fitrah dan Mal serta tidak lupa untuk bersedekah, Merupakan tipe orang yang memiliki jiwa sosial tinggi dan patut untuk menjadi sosok orang mukmin yang mendapat kemuliaan. Sehingga tidak salah bagi mereka diganjar oleh Allah SWT berupa surga Firdaus yang dipenuhi dengan kenikmatan abadi.

Hal demikian memang menjadi pertanda bagi orang mukmin yang beruntung, sesuai dengan keterangan dalam Al-quran surat Al-Mu’minun ayat ke-4 yakni : “ Dan orang yang menunaikan zakat ‘’.

4. Orang Yang Selalu Menjaga Kehormatannya
Orang yang selalu menjaga kehormatannya, maka hal demikian memang salah satu tanda-tanda orang yang diberi kemuliaan oleh Allah SWT, yakni di masukkan ke dalam surga Firdaus. Di mana tipe orang yang semacam ini, mereka akan selalu menjaga kemaluannya dan menghindari perkara maksiat yang tentu hal tersebut dilarang oleh Allah SWT. 

Q.S. Al-Mu’minun ayat ke-5 sampai 7 yang berbunyi : “ Dan orang yang memelihara kemaluannya, kecuali terhadap istri-istri mereka atau hamba sahaya yang mereka miliki, maka sesungguhnya mereka tidak tercela. Barang siapa mencari yang di balik itu, Maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas ‘’.

5. Orang Yang Menepati Janji Dan Amanat
Memang dalam menjalankan amanat yang diberikan oleh Allah SWT, baik itu amanat orang tua untuk mendidik anaknya, amanat dan kewajiban seorang pemimpin untuk menyejahterakan rakyatnya dan lainnya, memanglah tidak mudah. Akan tetapi, jika seseorang mampu dalam menjalankan semua amanat yang diberikan tersebut, maka Allah SWT akan mengganjarnya dengan kemuliaan yang luar biasa. Yakni salah satunya menjadi pewaris surga Firdaus yang penuh dengan kenikmatan. 

Q.S Al-Mu’minun ayat ke-8 yakni : “ Dan (sungguh beruntung) orang yang memelihara amanat-amanat dan janjinya ’’.

6. Selalu Menegakkan Shalatnya
Orang yang memiliki pendirian kuat dalam menjalankan sholat hingga istiqamah, maka ia juga termasuk tanda-tanda dari golongan pewaris surga Firdaus. Selain itu dalam mengerjakan sholat tepat waktu dan penuh dengan ke-istiqomahan ini, juga akan memberikan fadhilah yang cukup luar biasa. 

Q.S  Al Mu’minun ayat ke-9  sampai 11 yang berbunyi : “ Serta orang yang memelihara shalatnya, Mereka itulah orang yang akan mewarisi, (yakni) yang akan mewarisi (surga) Firdaus. Mereka kekal di dalamnya ’’.

Oleh karena itu, mari kita senantiasa berlomba-lomba beramal kebaikan, sehingga dijadikan oleh Allah SWT termasuk golongan orang-orang mukmin yang menjadi pewaris surga Firdaus di akhirat kelak. Amiin...

Kontributor : Arv. Muh, Rah. Wn  / Asadenanyar.com