Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tokoh dan Pendiri NU KH. Bishri Syansuri Didaulat Sebagai Pahlawan Santri




Islam Nusantara Center menyelenggarakan Santri of The Year 2017 yang digelar di Gedung Serba Guna Galeri Nasional, Jl. Medan Merdeka, Jakarta, Minggu (22/10/17).
Ulama besar sekaligus pejuang dan pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Bisri Syansuri, didaulat menerima penghargaan Pahlawan Santri dalam Penganugerahan Santri of The Year 2017.
Penghargaan Pahlawan Santri kepada Pendiri Pondok Pesantren (Ponpes) Denanyar, Jombang, Jawa Timur (Jatim) itu diberikan langsung oleh Pengasuh Ponpes Darul Muttaqien, Bogor, KH Matrajo kepada anak almarhum KH Bisri Syansuri, yakni Hj Muhassonah Hasbullah (mewakili keluarga), di Gedung Galeri Nasional Indonesia, Jalan Merdeka Timur, Jakarta.
"Siapa yang tidak mengenal KH Bisri Sansuri, beliau merupakan salah seorang tokoh ulama Indonesia yang selalu berada di garda terdepan melawan penjajahan. Kuat dalam Ilmu Fiqih dan selalu mendahulukan kesatuan dan persatuan umat," kata KH Matrajo.
Selain  itu juga Mantan Menteri Agama KH. Saifuddin Zuhri menerima anugerah sebagai Santri mengabdi sepanjang hayat. Piagam penganugerahan diberikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kepada perwakilan keluarga.
Selain Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan, pada kesempatan ini juga dihadiri antara lain: Menristek Dikti Mohammad Nasir,  Kordinator Nusantara Mengaji Jazilul Fawaid, Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini, serta tamu undangan dan para Santri.
Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan mengatakan, saat ini saatnya untuk meneruskan perjuangan para pendahulu yang telah berjuang melawan penjajah. “Generasi orang tua kita dulu berjuang, hari ini kita menikmati perjuangannya. Dulu mereka menghibahkan semua darah, bahkan nyawa untuk Republik ini. Saya rasa ini saatnya kita buktikan bahwa perjuangan mereka akan kita teruskan di masa-masa yang akan datang,” ucap Anies.
Santri of The Year 2017 adalah ajang pemberian anugurah bagi kalangan Santri. Menurut panitia, event ini bertujuan menemukan dan menampilkan tokoh yang telah memberikan sumbangsih dan prestasi mereka dalam bentuk gagasan inovatif, serta kerja dan karya bagi pembangunan bangsa dan negara tercinta ini.
Selain itu, anugerah juga diberikan kepada Tokoh atau Santri yang mampu membangkitkan motivasi dan dapat memberikan suri tauladan bagi generasi muda serta masyarakat umum untuk lebih giat membangun Bangsa dan Negaranya.
Hari Santri Nasional diperingati setiap tanggal 22 Oktober. Hari itu menjadi moment Santri seluruh Tanah Air untuk membaca kembali karya-karya keilmuan dan sejarah peran besar Ulama / Santri dalam membangun bangsa dan negara Indonesia.

Tokoh–tokoh Santri dan Pondok Pesantren yang terpilih berdasarkan vote terbanyak melalui polling yang dirilis di web Islam Nusantara Center, sebagai berikut:
1. Penganugerahan Pahlawan Santri diberikan Kepada KH. Bisri Syansuri Denanyar, Jombang.
3. Penganugerahan Santri Mengabdi Sepanjang Hayat diberikan kepada KH. Saifuddin Zuhri (Mantan Menteri Agama).
3. Penganugerahan Santri Inspiratif Bidang Pendidikan diberikan kepada Prof. Dr. Abd. A’la (Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya).
4. Penganugerahan Santri Inspiratif Bidang Dakwah diberikan kepada KH. Anwar Zahid (Bojonegoro Jawa Timur).
5. Penganugerahan Santri Inspiratif Bidang Seni dan Budaya diberikan kepada Habib Syekh Abdul Qodir Assegaf (Penggiat Seni Sholawat, Solo).
6. Penganugerahan Santri Inspiratif Bidang Wirausaha diberikan kepada Nanang Qosim Yusuf (Master of Motivator the 7 Awareness, Namten).
7. Penganugerahan Santri Inspiratif Bidang Kepemimpinan Dalam Pemerintahan diberikan Kepada Saifullah Yusuf (Wakil Gubernur Jawa Timur).
8. Penganugerahan Santri Berprestasi Internasional diberikan kepada Izza Nur Layla (Santri Pesantren Nuris Jember, Juara International Kompetisi Agribisnis).
9. Penganugerahan Pesantren Salaf Inspiratif diberikan kepada Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri.
10. Penganugerahan Pesantren Modern Inspiratif diberikan kepada Pesantren Ummul Qurro Al-Islami, Leuwiliang, Bogor.
11. Penganugerahan Pesantren Enterpreneur Inspiratif diberikan kepada Pesantren Bisnis Al-Hikmah 2, Benda, Brebes. (AS)