PAHALA PUASA DZULHIJAH

        Malam senin (21/8) kegiatan istighosah dan mauidhoh hasanah di asrama sunan ampel P.P. Mamba'ul Ma'arif Denanyar Jombang berjalan lancar. KH Jauharul Afuf Lc Al-Hafidz, menyampaikan banyak hikmah dalam puasa sembilan hari pertama bulan Dzulhijah. "Puasa tanggal 1 Dzulhijah hikmahnya akan diampuni dosanya sebagaimana Allah Swt memaafkan Nabi Adam As. dari kesalahanya memakan buah khuldi", jelasnya.

      Orang yang berpuasa tanggal 2 Dzulhijah do'anya akan dikabulkan sebagaimana Allah Swt menerima do'anya Nabi Yunus As dalam perut ikan. Puasa tanggal 3 Dzulhijah akan dikabulkan semua do'anya sebagaimana Allah Swt mengabulkan do'a Nabi Zakariya As. Puasa tanggal 4 Dzulhijah menyebabkan kita terhindar dari kesengsaraan dan kemiskinan. Hari itu Nabi Isa As dilahirkan.
Puasa tanggal 5 Dzulhijah akan dibebaskan dari kemunafikan dan adzab kubur. Ini hari Nabi Musa As dilahirkan. Puasa tanggal 6 Dhulhijah akan dipandang oleh  Allah Swt dengan penuh rahmat dan tidak akan diazab. Ini hari dimana Allah Swt membuka pintu kebajikan untuk Nabi-Nya. Puasa tanggal 7 Dzulhijah maka Allah akan menutup tiga puluh pintu kemelaratan dan kesukaran serta akan membuka tiga puluh pintu kesenangan dan kemudahaan.
     Puasa tanggal 8 Dzulhijah akan diampuni dosanya satu tahun. Puasa tanggal 9 Dzulhijah menjadi  tebusan dosanya setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.

Diambil dari Jawa Post rubik jurnalistik siswa
Oleh. Muhammad Zidni Ilman
(santriasa ppmm)

Artikel Lainnya